Tuesday, July 26, 2011

Latihan Geografi Ujian Sekolah SMA

Soal Geografi UAS dibuat sekitar 40 (empat puluh) soal dan hanya berlaku Ujian Sekolah SMA/MA Program IPS. Dalam Geografi adanya revisi isi kurikulum geografi yang meliputi lima aspek yang dipelajari dari tingkat dasar hingga SMA. Kelima aspek itu meliputi gejala alam dan sosial, sumber daya dan pengembangan wilayah, pelestarian lingkungan hidup, mitigasi bencana, dan SIG.

Silakan Anda pelajari latihan soal-soal Geografi Ujian Sekolah untuk Program Sosial dengan mengunduh file-file berkualitas di situs ini. Ok Silakan download file-file latihannya untuk program IPS : Download here

Pada pelaksanaan UN 2008 Siswa IPS Keluhkan Soal Geografi. Ada apa dengan Geografi? Ketika ditanya, sang siswi yang bernama Onya pun berbagi bercerita. "Gilaaaa, susah banget. Bener-bener nggak nyangka, soal yang keluar kaya gitu. Nggak familiar banget, jauh dari yang selama ini kita latihan," katanya sambil menutup muka.

Akibatnya, Onya mengaku hatinya tak tenang. Ia khawatir, kelulusannya terganjal di mata pelajaran itu. Padahal, bagi siswa jurusan IPS mata pelajaran Geografi baru pertama kali mereka hadapi di ajang Ujian Nasional. "Untuk IPS, tahun ini Geografi kan perdana diujikan. Seharusnya lebih mudah dong. Kesel banget. Kalo gini caranya, pengen banget ngeluh ke pemerintah. Maunya apa sih?," lanjut dia lagi.

Tak hanya Onya yang resah. Dua temannya dari jurusan yang sama, Sarah dan Santi mempunyai kekhawatiran yang sama. Bahkan, mereka merasa sebagai angkatan percobaan dengan mata pelajaran baru yang diujikan pada UN tahun ini. Keduanya juga merasa sangat kesulitan menjawab soal ujian Geografi.

"Soalnya nggak sesuai dengan SKL dan try out yang diujikan selama ini. Yang dipelajari, nggak sesuai dengan yang diujikan. Takut bener nih," keluh Sarah.

"Kecewa banget liat soalnya. Tahun lalu cuma 3 pelajaran, sekarang nambah jadi 6. Harusnya bertahap, misalnya dari 3 jadi 4. Udah gitu, Geografi soalnya pake ribet banget gitu. Harusnya, pemerintah mikirin kita juga dong. Kalo banyak yang nggak lulus gimana? Apa mau tanggung jawab? Padahal kita juga belajarnya udah mati-matian. Kita berasa jadi angkatan percobaan," timpal Santi.

Merasa sebagai percobaan, karena mereka mendengar desas-desus, jika pada tahun ini banyak siswa yang tidak lulus dengan 6 mata pelajaran yang diujikan, maka pada tahun depan kebijakan itu akan diubah. "Katanya, kalo tahun ini pada gagal, tahun depan UN nya balik ke 3 mata pelajaran lagi. Nggak enak banget buat kita kan?," ujar Santi lagi.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Supported by Mega Situs | Snmptn